Sabtu, 26 Agustus 2017

Public Relation



 
Pengertian Public Relation Tugas dan Tanggung Jawabnya - Blog LokerPLK

RINGKASAN SINGKAT

PUBLIC RELATION
 
A.  Pengertian Publik  
Relations  adalah  hubungan   sejumlah  manusia yang memiliki kebersamaan berfikir, perasaan, harapan, sikap dan tindakan yang benar dan baik berdasarkan nilai-nilai norma yang mereka miliki. International Public Relation Association (IPRA). Mendefinisikan “Publik Relation merupakan fungsi manajemen dari sikap budi yang direncanakan dan dijalankan secara berkesinambungan oleh organisasi-organisasi, lembaga-lembaga umum dan pribadi digunakan untuk memperoleh dan membina saling pengertian, simpati dan dukungan dari mereka yang ada hubungan dan diduga akan ada kaitannya, dengan cara menilai opini public mereka, dengan tujuan sedapat mungkin menghubungkan kebijaksanaan, guna mencapai kerja sama yang lebih produktif, dan untuk memenuhi kepentingan bersama yang lebih efisien, dengan kegiatan penerangan yang terencana dan tersebar luas”.
 
B.   Perbedaan Public Relation dan Pemasaran.
1)         Meski tidak selalu didefinisikan secara jelas dalam praktiknya, marketing dan PR dapat dibedakan secara konseptual dan hubungannya dijelaskan.
2)   Keinginan dan kebutuhan orang adalah aspek fundamental bagi konsep marketing.
3)   Apa yang orang inginkan atau butuhkan akan diterjemahkan sebagai permintaan konsumen.
4)  Pemasar menawarkan produk dan jasa untuk memuaskan permintaan tersebut. Konsumen memilih produk dan jasa yang memberikan kegunaan, nilai dan kepuasan paling besar.
5)  Terakhir, pemasar menyerahkan produk dan jasa kepada konsumen untuk ditukar dengan sesuatu yang bernilai.

C.   Fungsi Public Relations.
1.  Memudahkan dan menjamin arus opini yang bersifat mewakili dari publik-publik suatu organisasi sehingga kebijaksanaan dan operasionalisasi organisasi dapat dipelihara kesepakatan dengan ragam kebutuhan public-publik tersebut.
2. Menasehati managemen mengenai jalan dan cara menyusun kebijaksanaan dan operasionalisasi organisasi untuk dapat diterima secara maksimal oleh public.
3.  Merencanakan dan melaksanakan program-program yang dapat melaksanakan penafsiran dengan menyenangkan terhadap operasionalisasi organisasi.
4.   Mengabdi kepada kepentingan umum.
5.   Memelihara komunikasi yang baik.
6.   Menitik beratkan moral dan perilaku yang baik.
7.   Menunjang kegiatan manajemen dalam mencapai tujuan organisasi
8.   Membina hubungan harmonis antara organisasi dan public, baik public intern ataupun public ekstern.
9.  Menciptakan komunikasi dua arah (timbal balik) dengan cara menyebarkan informasi dari organisasi kepeda publik dan menyalurkan opini public kepada organisasi.
10. Melayani publik dan menasehati pimpinan organisasi demi kepentingan umum.

D.    Proses Public Relation.                                
Proses public relation merupakan kegiatan kerja atau bagaimana proses kerja public relation itu sendiri, adapun langkah yang harus ada dalam proses kerja Publik Relation (hubungan masyarakat), adalah beberapa tahapan yang ada dalam hubungan masarakat
1)      Research (faet finding, data collecting) Penelitian (pengumpulan, pengkajian data).
2)      Plaining/Programing (perencanaan/rencana/tujuan)
3)      Actuating/Comunicating (pelaksanaan).
4)      Evaluating (evaluasi), kaji ulang.
Selain langkah-langkah dalam proses Public Relation tersebut ada 2 (dua) bentuk Research (penelitian) dalam Public Relation :
1.      Research Opinion adalah kegiatan untuk  menyelidiki pendapat yang berbeda mengenai suatu hal atau masalah, atau dengan kata lain upaya untuk menelaah secara kuantitaf maupun kualitatip, sikap public terhadap perusahaan, instansi, industri ataupun organisasi lainnya dan terhadap kebijaksanaan personel pelayanan dan produksinya.
2.      Research Motivation adalah kegiatan mencari, menghimpun dan mengelola data faktoral mengenai kebutuhan dan kegiatan publik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CONTOH SOAL DAN JAWABAN

  PAR   Isu Dan Fokus Masalah : r   Kondisi masyarakat yang begitu beragam. r   Kurangnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkunga...