RINGKASAN SINGKAT
PUBLIC
RELATION
A. Pengertian Publik
Relations adalah
hubungan sejumlah manusia yang memiliki kebersamaan berfikir,
perasaan, harapan, sikap dan tindakan yang benar dan baik berdasarkan
nilai-nilai norma yang mereka miliki. International Public Relation
Association (IPRA). Mendefinisikan “Publik Relation merupakan fungsi
manajemen dari sikap budi yang direncanakan dan dijalankan secara
berkesinambungan oleh organisasi-organisasi, lembaga-lembaga umum dan pribadi
digunakan untuk memperoleh dan membina saling pengertian, simpati dan dukungan
dari mereka yang ada hubungan dan diduga akan ada kaitannya, dengan cara
menilai opini public mereka, dengan tujuan sedapat mungkin menghubungkan
kebijaksanaan, guna mencapai kerja sama yang lebih produktif, dan untuk
memenuhi kepentingan bersama yang lebih efisien, dengan kegiatan penerangan
yang terencana dan tersebar luas”.
B. Perbedaan Public Relation dan Pemasaran.
1) Meski
tidak selalu didefinisikan secara jelas dalam praktiknya, marketing dan PR
dapat dibedakan secara konseptual dan hubungannya dijelaskan.
2) Keinginan
dan kebutuhan orang adalah aspek fundamental bagi konsep marketing.
3) Apa
yang orang inginkan atau butuhkan akan diterjemahkan sebagai permintaan
konsumen.
4) Pemasar
menawarkan produk dan jasa untuk memuaskan permintaan tersebut. Konsumen
memilih produk dan jasa yang memberikan kegunaan, nilai dan kepuasan paling
besar.
5) Terakhir,
pemasar menyerahkan produk dan jasa kepada konsumen untuk ditukar dengan
sesuatu yang bernilai.
C. Fungsi
Public Relations.
1. Memudahkan
dan menjamin arus opini yang bersifat mewakili dari publik-publik suatu
organisasi sehingga kebijaksanaan dan operasionalisasi organisasi dapat
dipelihara kesepakatan dengan ragam kebutuhan public-publik tersebut.
2. Menasehati
managemen mengenai jalan dan cara menyusun kebijaksanaan dan operasionalisasi
organisasi untuk dapat diterima secara maksimal oleh public.
3. Merencanakan
dan melaksanakan program-program yang dapat melaksanakan penafsiran dengan
menyenangkan terhadap operasionalisasi organisasi.
4. Mengabdi
kepada kepentingan umum.
5. Memelihara
komunikasi yang baik.
6. Menitik
beratkan moral dan perilaku yang baik.
7. Menunjang
kegiatan manajemen dalam mencapai tujuan organisasi
8. Membina
hubungan harmonis antara organisasi dan public, baik public intern ataupun
public ekstern.
9. Menciptakan
komunikasi dua arah (timbal balik) dengan cara menyebarkan informasi dari
organisasi kepeda publik dan menyalurkan opini public kepada organisasi.
10. Melayani
publik dan menasehati pimpinan organisasi demi kepentingan umum.
D. Proses Public Relation.
Proses
public relation merupakan kegiatan kerja atau bagaimana proses kerja public
relation itu sendiri, adapun langkah yang harus ada dalam proses kerja Publik
Relation (hubungan masyarakat), adalah beberapa tahapan yang ada dalam hubungan
masarakat
1) Research
(faet finding, data collecting) Penelitian (pengumpulan,
pengkajian data).
2) Plaining/Programing
(perencanaan/rencana/tujuan)
3) Actuating/Comunicating
(pelaksanaan).
4) Evaluating
(evaluasi), kaji ulang.
Selain
langkah-langkah dalam proses Public Relation tersebut ada 2 (dua) bentuk
Research (penelitian) dalam Public Relation :
1. Research
Opinion adalah kegiatan untuk
menyelidiki pendapat yang berbeda mengenai suatu hal atau masalah, atau
dengan kata lain upaya untuk menelaah secara kuantitaf maupun kualitatip, sikap
public terhadap perusahaan, instansi, industri ataupun organisasi lainnya dan
terhadap kebijaksanaan personel pelayanan dan produksinya.
2. Research
Motivation adalah kegiatan mencari, menghimpun dan mengelola data faktoral
mengenai kebutuhan dan kegiatan publik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar